Tips Merawat Baterai HP Andoid Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Tips Merawat Baterai HP Andoid Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Tips Merawat Baterai HP Andoid Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama
Merawat baterai hp androind itu adalha hal yang sangat penting agar Baterai bisa awet dan tahan lama selain itu daya batari juga akan jauh lebih awet. Apa Baterai HP Android anda mudah LowBat? Jika Ia, itu dikarenakan kurangnya perawatan pada Baterai HP anda. Baterai hp android perlu dirawat khusus dan tidak sembarangan dalam penggunaannya. Mengapa baterai hp android perlu dirawat khusus ? saya mengatakan sedemikian karena bisa anda lihat sendiri pada perbandingan antara hp android dan hp yang menggunakan sistem selain android lainnya.
Saat ini hampir semua orang beralih ke Android. Saya juga tidak tau persis alasanya apa. Mungkin mereka cuman ikut ikutan saja atau memang tertarik karena fitur yang ada pada Android bisah dikatakan paling lengkap untuk saat ini. Dibalik keungulan Androit tersebut terdapat suatu kekurangan yaitu "Daya HP Android Cepat Habis dan Mudah Sekali Lemot" mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena banyak sekali aplikasi besar atau kecil didalam hp tersebut. Saat anda mengunakan aplikasi tersebut maka otomati daya batrai pada hp android akan terkuras.
Cara mengatasi agar baterai tidak cepat habis yaitu dengan menghapus sebagian aplikasi yang tidak terlalu penting dan ketika anda selesai menggunakan aplikasi pada HP Android anda maka segeralah keluarkan baik dalam tab atau backgroundnya.

Tips Merawat Baterai HP Andoid Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama
Anda dapat melihat beberapa cara untuk merawat baterai android anda agar daya baterai lebih awet dan tahan lama.
1. Minimalkan penggunaan Power Bank.
Menggunakan Power Bank untuk Mengecas merupakan salah satu metode alternatif banyak dilakukan oleh banyak orang, hali ini memang tidak masalah tapi jangan keseringan mengecas menggunakan power bank jika kita berada dirumah atau setidaknya mampu mengecas baterai maksimal. Jika anda mengecas menggunakan power bank secara terus-menerus maka dapat disimpulkan bahwa itu merupakan hal yang salah, karena power bank kebanyakan membuat baterai hp gampang panas, dan cara tepat pengecasan yang dianjurkan agar baterai awet adalah dengan cara cas langsung dari stop kontak listrik ke hp.

2. Lihat Jangka Waktu Pengisian
Jangka waktu pengisian sebuah hp haruslah dijaga dan jangan sampai anda membiarkan sebuah hp anda tercharge atau tercas dalam jangka waktu yang berlebihan. Baterai hp memiliki sebuah kapasitas daya tampung yang ditetapkan.
Baterai itu ada lithium-ion dan ada yang berbahan nikel. Untuk baterai berbahan nikel sebaiknya anda isi atau anda charge pada saat daya baterai itu sudah habis. Jenis baterai ini adalah jenis baterai hp hp jaman dahulu dan jika sekarang kebanyakan menggunakan jenis lithium-ion dan cara pengecasan baterai lithium yang baik adalah pada saat daya baterai masih tersisa sekitar 50% dan minimal 20% agar baterai tersebut bisa lebih awet.
Ingat
Untuk baterai jenis lithium-ion sebaiknya juga perlu anda lakukan pengurasan total sekali-kali untuk keperluan kalibrasi. Gunakanlah hp sampai baterainya habis total,  semisal sebulan sekali atau berapa terserah anda namun jangan sering-sering, dan untuk pengecasan lakukan dengan hp posisi dimatikan atau mati dan jangan digunakan selama baterai itu belum full hingga 100%.

3. Jangan menggunakan Laptop/Netbook
Janggan menggunakn Lapetop ataupun Netbook untuk mengecah, menggunakan leptop untunk mengecas murupak hal yang salah. Karena daya yang disalurkan dari Leptop todak sesuai dengan kapasitas pengisian daya Android, dan saat menggunakan leptup untuk mengecas bisa saja leptop tersebut menularkan Virus Berbahaya ke android.

4. Hindarkan Tempat Yang Panas dari Smartphone

Menaruh hp pada tempat panas itu harus dihindari karena baterai hp yang kepanasan selama berkepanjangan sangat mudah mengalami kerusakan. Seperti halnya baterai yang berbahan lithium-ion, baterai jenis ini sebaiknya berada dan disimpan pada suhu 15 derajat celsius, dan kisaran suhu yang dapat ditangani oleh baterai jenis itu adalah sekitar -40 sampai pada 50 derajat celsius. Kadang saya menemuka artikel yang memberikan trik cara agar baterai awet dengan cara menjemur baterai tersebut, ya menurut saya itu murupakan hal yang salah, hal tersebut justru akan menambah kerusakan batrai.

5. Jangan Memasang Aplikasi Penghemat Daya.
Menurut saya memasang Aplikasi Penghemat daya merupakan hal yang salah. Mengapa demikian, ia itu dikarenakan tidak ada aplikasi yang bisa mempengaruhi kinerja Hardware, memasang aplikasi penghemat daya hanya akan menguras daya baterai saja.

Sekian dulu ya postingan kali ini "Tips Merawat Baterai HP Andoid Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama" semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel artikel berikutnya
Previous
Next Post »

Komentar yang kami terima hanyalah komentar.
1. Kertikan
2. Saran
3. Pertanyaan EmoticonEmoticon